PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Yuliana Yuliana, , Indonesia
Zuhdan Kun Prasetyo, , Indonesia
Purwanti Widhy Hastuti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis PjBL, pertumbuhan kreativitas peserta didik selama diberikan modul IPA berbasis PjBL, dan kelayakan modul IPA berbasis PjBL dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik. Penelitian Research and Development (R&D) ini mengacu pada model 4-D. Pertama, tahap define dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Kedua, tahap design meliputi pemilihan media, penyusunan instrumen meliputi lembar validasi modul IPA, angket respon peserta didik terhadap modul, lembar keterlaksanaan PjBL, lembar observasi kreativitas peserta didik dan pretest-posttest kreativitas, serta desain awal (draft modul). Ketiga, tahap develop draft modul divalidasi oleh dua dosen dan guru IPA sehingga mendapat masukan dan saran kemudian draft modul direvisi menjadi prototipe modul. Prototipe modul diuji kevalidannya secara empiris dengan desain one group pretest-posttest, di SMP N 2 Piyungan kelas VIII F dengan jumlah 24 peserta didik. Data keterlaksanaan PjBL diperoleh sebesar 94,44% sehingga pembelajaran modul IPA berbasis PjBL layak digunakan untuk menumbuhkan kreativitas. Data respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis PjBL diperoleh kategori sangat baik. Hal ini mendukung hasil keterlaksanaan penggunaan modul IPA berbasis PjBL yang layak menumbuhkan kreativitas. Hasil tes dan observasi sebelum dan sesudah penggunaan modul IPA berbasis PjBL terdapat perbedaan kreativitas sebesar 22,92% dan 32,55%. Hasil tes dan observasi tersebut menunjukkan pertumbuhan kreativitas kategori sedang. Mengacu pada hasil tes dan observasi dianalisis menggunakan uji t berkorelasi diperoleh informasi bahwa kreativitas peserta didik sesudah menggunakan modul IPA berbasis PjBL lebih besar daripada sebelum menggunakannya, sehingga modul IPA berbasis PjBL secara signifikan dapat menumbuhkan kreativitas. Mengacu pada hasil uji t maka dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis PjBL valid dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik. Terakhir, tahap disseminate yaitu mensosialisasikan modul IPA berbasis PjBL secara terbatas pada guru IPA di SMP N 2 Piyungan dan SMP N 3 Prambanan.
Kata kunci: Modul IPA, PjBL, Kreativitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.