ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH I PATUK PADA POKOK BAHASAN PELUANG ANALYSIS OF MATH PROBLEM SOLVING ABILITY STUDENT GRADE XI SMK MUHAMMADIYAH I PATUK ON PROBABILITY DISCUSSION

Pawestri Dian Purnamasari, Sugiman Sugiman

Abstract


Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  tingkat  kemampuan  pemecahan  matematika  siswa  pada  materi
peluang  dan  untuk  mengetahui  faktor  –  faktor  yang  mempengaruhi  tingkat  kemampuan  pemecahan  masalah
matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Subjek  pada  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XI  Akuntansi  SMK  Muhammadiyah  I  Patuk.  Instrumen  yang
digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan analisis data
yang  diperoleh  menunjukkan  bahwa  kemampuan  pemecahan  masalah  matematika  siswa  kelas  XI  SMA
Muhammadiyah I Patuk  pada materi peluang  termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari  hasil  tes
kemampuan pemecahan masalah pada materi peluang  yang menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan
pemecahan masalah pada kualifikasi  tinggi  yaitu  11,77%.  Siswa  yang  memiliki kemampuan pemecahan masalah
sedang yaitu 35,29%. Sisanya 52,94% memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan sangat rendah.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematika, peluang
Abstract
The  research aims to find out level of math problem solving ability student on probability material and to
find out factors that affect the level of math problem solving ability  grade  XI student of SMK Muhammadiyah I
Patuk.  This  research  is  descriptive  quantitative  research.  The  subject  is  the  students  of  class  XI  Accountant
Concentration SMK Muhammadiyah I Patuk.  The instrument used in this study is mathematical problem solving
test.  Based  on  the  data  analysis  showed  that  the  math  problem  solving  ability  student  class  XI  SMK
Muhammadiyah  I  Patuk  on  probability  material  included in the low category. It can  be  seen from  the  result  of
problem solving ability was 11,77%. Student who have problem solving ability in middle qualification was 35,29%.
The remaining 52,94% have problem solving ability with low and very low qualifications.
Keywords: mathematical problem solving ability, probability

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i4.2643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia