Analisis kesalahan penyelesaian masalah trigonometri dan penyebabnya di SMA menggunakan metode three-tier diagnostic test

Qurrota A'yun, Heri Retnawati

Abstract


Abstrak

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apa saja kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri dan (2) untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan MIPA di SMA di Temanggung. Banyak siswa yang terlibat dalam penelitian ini ada 113 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk tes tertulis adalah three-tier diagnostic test, sedangkan wawancara hanya dilakukan terhadap sepuluh siswa untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa.  Analisis data tes tertulis dilakukan dengan mengklasifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Sedangkan hasil wawancara direduksi berdasarkan teknik Bogdan & Biklen. Berdasarkan penelitian tersebut, jenis-jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal trigonometri adalah misused data (kesalahan pada penggunaan data), misinterpreted language (kesalahan dalam mengartikan bahasa), logically invalid inference (dugaan yang tidak valid secara logis), distorted theorem or definition (kesalahan teorema atau definisi), dan technical mechanical error (kesalahan teknis).  Selain menemukan jenis kesalahan siswa, penelitian ini juga menemukan beberapa penyebab dari terjadinya kesalahan tersebut. Penyebab dari terjadinya kesalahan tersebut diantaranya adalah guru kurang jelas dalam menyampaikan materi, adanya pengaruh dari kondisi psikis siswa, siswa belum memahami operasi hitung dasar, siswa kurang latihan soal yang bervariasi, serta adanya kesulitan dalam meghafalkan rumus.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Trigonometri, Three-Tier Diagnostic Test

 

Abstract

The aims of this study were: (1) to find out what students' mistakes were in solving trigonometric problems and (2) to find out the causes of student errors in solving trigonometric problems. This research is qualitative. The subjects of this study were students of class X majoring in Mathematics and Natural Sciences at one of senior high school Temanggung. There were 113 students involved in this study. Data collection techniques were carried out through written tests and interviews. The instrumen used for the written test is a three-tier diagnostic test, while interviews were only conducted on ten students to find out the causes of student errors. Analysis of written test data was carried out by classifying the types of errors made by students. Meanwhile, the interview results were reduced based on the Bogdan & Biklen technique. Based on this research, the types of student errors in working on trigonometry problems are misused data (errors in data usage), misinterpreted language (errors in the meaning of language), logically invalid inferences (logistically invalid assumptions), distorted theorem or definition (theorem or definition errors), and technical mechanical errors (technical errors). In addition to finding the types of student errors, this study also found several causes for these errors. The causes of these errors include the teacher explaining in delivering the material, the influence of students' psychological conditions, students do not understand basic arithmetic operations, students do not practice various questions, and there are difficulties in memorizing formulas.

Keyword: Error Analysis, Trigonometry, Three-Tier Diagnostic Test

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i3.18234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia