Analisis kesalahan peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial

Intan Ghaniswari, Murdanu Murdanu

Abstract


Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial masih sering terjadi. Perlu dilakukan penyelidikan mengenai jenis-jenis kesalahan peserta didik sehingga dapat disusun langkah agar kesalahan tidak terjadi lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial dengan prosedur Newman. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 118 peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara. Jenis kesalahan pada penelitian ini sesuai dengan teori kesalahan Newman dikelompokkan menjadi: 1) Kesalahan membaca, 2) Kesalahan pemahaman, 3) Kesalahan transformasi, 4) Kesalahan keterampilan proses, dan 5) Kesalahan penulisan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh total kesalahan yang ditemukan dalam pekerjaan peserta didik sebanyak 517 kesalahan. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita aritmatika sosial adalah kesalahan transformasi yaitu sebanyak 331 kesalahan atau sebesar 64,02%. Diikuti kesalahan keterampilan proses sebanyak 104 kesalahan atau sebesar 20,12%, kesalahan pemahaman sebanyak 61 kesalahan atau sebesar 11,80%, kesalahan penulisan sebanyak 11 kesalahan atau sebesar 2,13%, dan terakhir kesalahan membaca sebanyak 10 kesalahan atau sebesar 1,93%.

Kata kunci: analisis; kesalahan; soal cerita; aritmatika sosial


Full Text:

PDF

References


Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur kesalahan newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 35–44.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17–21.

Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 35–42. https://doi.org/10.1177/019263650108562305

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59–66.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264–271.

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan intelektual tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Laporan Penelitian UPI. Tidak Diterbitkan.

White, A. L. (2009). A revaluation of Newman’s error analysis. MAV Annual Conference 2009, 3, 249–257.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i3.18142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia