Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PJOK Satuan Pendidikan Sekolah Pengerak Tingkat SMA Kabupaten Buol
Nyoman Sukrawan, Universitas Tadulako, Indonesia
Muhamad Agusman, Univeritas Tadulako, Indonesia
Moh. Ifkhal Sianto, Universitas Tadulako, Indonesia
Khairil Fajri, Universitas Tadulako, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PJOK di satuan pendidikan sekolah pengerak tingkat SMA di Kabupaten Buol. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Penggerak Tingkat SMA di Kabupaten Buol. Dengan demikian sample penelitian ditentukan dengan total sampling technique, yakni seluruh Guru PJOK yang bertugas di dua Satuan Pendidikan yaitu SMA 1 Biau dan SMA 1 Bunobogu (n=6). Permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah cara implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan Kabupaten Buol, khususnya di tingkat SMA, yang telah berjalan lebih dari satu tahun dan mencakup dua tingkatan kelas, yaitu kelas X dan XI. Kedua tingkatan ini telah menerapkan Kurikulum Merdeka, dan hasil evaluasi menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan dalam penerapannya. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PJOK di SMA 1 Biau dan SMA 1 Bunobogu tergolong pada kategori baik, dengan 100% responden menyatakan bahwa penerapan kurikulum tersebut berjalan efektif. Penelitian ini memberikan gambaran positif mengenai keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di Kabupaten Buol.
Keywords
References
Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). EFEKTIVITAS DAN PERAN DARI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. 17(1).
Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. (t.t.). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia.
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI SEKOTA PADANGSIDIMPUAN. 5(3).
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Kusumawardhana, B., & Zahraini, D. A. (2023). TANGGAPAN GURU PJOK TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES. 03(02).
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1.
Nugraha, B. (2016). Manajemen pembelajaran gerak untuk anak. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).
Pujiarti, V., Suhairi, M., Dewi, U., & Jasmani, P. P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri Pontianak. 2(2).
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v5i2.22787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hendra Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.