Pembelajaran tenis pada multimedia berbasis android untuk pendidikan sekolah menengah atas

Hutomo Adhadi Laksono, SMA Negeri 3 Purworejo, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran tenis lapangan berbasis android pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA yang memenuhi unsur kelayakan, dan (2) mengungkapkan efektivitas media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan.Penelitian pengembangan ini dilakukan dalam enam tahap yaitu meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) produk akhir, dan (6) diseminasi dan implementasi.Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran tenis lapangan berbasis android di SMAmemiliki tingkat kelayakan yang baik.Tingkat kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi rata-rata sebesar 4,46 (sangat baik), validasi ahli media sebesar 4,27 (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 4,21 (baik), uji coba lapangan sebesar 4,44 (sangat baik). Selain itu, produk media yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pretest dan posttest. Pada uji coba lapangan hasil tes menunjukkan bahwa peserta didik mampu meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar dari 60,43 menjadi 84,23 dengan nilai p < 0,005, sehingga terdapat kenaikan yang signifikan dengan p = 0,000.

 

Tennis learning on Android-based multimedia for high school education

 

Abstract: This study aims to (1) develop a feasible tennis learning multimedia based on Android in physical, sports, and health education at school and (2) reveal the effectiveness of the developed learning media. This research and development were carried out in six stages, which referred to the measures developed by Borg & Gall, including (1) analysis of needs, (2) planning of product development, (3) product development, (4) testing the products, (5) final product, and (6) dissemination and implementation. The data were obtained through observation, questionnaires, interviews, and achievement tests. The data analysis used the t-test at a significance level of 0.05. The results showed that the developed tennis learning multimedia based on Android in physical, sports, and health education at school has a good level of feasibility. Based on material expert validation, it has an average of 4.46 (very good); by media expert validation, it has 4.27 (very good); by a small group, it has 4.21 (good). By field trials, it has 4.44 (very good). In addition, the developed media is effective for use in the learning process. The results of the pretest and posttest evidence this. The field trial test results show that the students are able to increase the learning outcomes from 60.43 to 84.23 with p<0.0005, so there is a significant increase, with p=0.000.


Keywords


Multimedia; Tenis lapangan; pembelajaran berbasis Android

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arsyad, A., & Anitah, S. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Fitriadi, A., & Rachman, H. A. (2014). Pengembangan multimedia pendidikan jasmani materi budaya hidup sehat untuk sekolah menengah atas. Jurnal Keolahragaan, 2(1). https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2565

Putro, D. E., & Lumintuarsa, R. (2013). Pengembangan media pembelajaran teknik dasar bola voli untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.2344

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v4i2.20113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hutomo Adhadi Laksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats