Senam lantai: Mengoptimalkan pembelajaran dengan multimedia untuk guling depan dan belakang
Suharjana Suharjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan dan guling belakang dengan memanfaatkan penggunaan multimedia dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas VIII.A MTs Negeri Dlingo Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen dan pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, dan tes berupa penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan bentuk persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran senam lantai guling depan dan guling belakang melalui pemanfaatan multimedia di tandai dengan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada observasi awal sebesar 58,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 20%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 65,8 dan persentase ketuntasan sebesar 30%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu sebesar 73,1 dengan persentase ketuntasan sebesar 50%.
Floor gymnastics: Optimizing learning with multimedia for front and back rolls
Abstract: This research aims to improve the learning outcomes of front and rear roll gymnastics by leveraging multimedia in teaching physical education, sports, and health in grade VIII.A in Madrasah Tsanawiyah State at Dlingo Bantul 2015/2016 school year. This study is a class action research that is implemented in two cycles. Instruments and data collection are used observation, questionnaires, and tests in the form of cognitive, affective, and psychomotor assessments. Data analysis techniques used descriptive quantitative with the form of a percentage. The result of the research can be that an increase in student learning outcomes in learning gymnastic floor front and back scroll through the utilization of multimedia is marked with the value of the average class—the middle class value at the beginning of observation was 58.4 with by 20%. The mean, of course, in the first cycle is 65.8, and the completion percentage is 30%. The standard of class in the second cycle is 73.1, with the ended rate being 50%.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Aqib, Z. (2008). Penelitian tindakan kelas untuk guru, SD, SLB, TK. Bandung: CV. Yrama.
Arslan, P. Y. (2012). A review of multimedia learning principles: split attention, modality, and redundancy effects. Journal of the Faculty of Education. 8 (1), 114-122.
Bayraktar, G. (2011). The effect of cooperative learning on students’ approach to general gymnastics course and academic achievements. Educational Research and Reviews. Academic Journals. 6 (1), 62-71.
Djahura, D. (2017). Konsep hasil belajar. Diambil pada tanggal 28 Januari 2017. http://dirman-djahura.blogspot.co.id/2012/09/konsep-hasil-belajar.html.
Fitriadi, A. & Rachman, A. H. (2014). Pengembangan multimedia pendidikan jasmani materi budaya hidup sehat untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Keolahragaan. 2 (1), 89-92
Nazir, M. I. J., Rizvi, A. H., & Pujeri, R. V. (2012). Skill development in multimedia based learning environment in higher education: an operational model. International Journal of Information and Communication Technology Research. 2 (11), 145-148.
Nugent, T. M. (1982). Multimedia: making it work. United State Amerika. Mc Graw Hill.
Kovac, M. (2014). Assessment of gymnastic skills at physical education the case backward roll. Science of Gymnastics Journal. 4 (3), 25-35.
Lewin, K. (1990). Action research minority problems, 3rd ed. Victoria: Deaklin University.
Mayer, R. E. (2003). Learning and instruction. USA: University of California, Santa Barbara. Department of Psychology.
Nugraha, A. (2005). Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan.
Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Putra, G. I. & Sugiyanto, FX. (2016). Pengembangan pembelajaran teknik dasar bulu tangkis berbasis multimedia pada Atlet usia 11 dan 12 tahun. Jurnal Keolahragaan. 4(2), 175-185.
Roji. (2007). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk SMA Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, S. (1991). Metodologi research. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Wardani, I. G. A. K. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v4i2.20111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Taufiq Sidiq, Suharjana Suharjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.