Pengaruh metode pembelajaran dan kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode pembelajaran terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIK UNY dan metode mana yang lebih baik; (2) mengetahui pengaruh kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah “Treatment-by-block design 2x2”. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah olahraga pilihan tenis lapangan Prodi PJKR Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total responden sebanyak 35 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pengukuran. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIK UNY (p=0,000). Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pukulan forehand mahasiswa adalah metode drill. Hasil pukulan forehand kelompok hasil taktis diperoleh nilai rata-rata sebesar 13,71 dan pada kelompok hasil dril diperoleh nilai rata-rata sebesar 18,83.Tidak terdapat pengaruh kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIK UNY (p=161). Tidak ada interaksi metode pembelajaran dan kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIK UNY (p=0,735).
The effect of the learning method and agility blow toward The forehand tennis results
Abstract: This study is aimed to (1) Determine the method of learning the tennis forehand result in students FIK UNY and which method is better; (2) Determine the effect of the agility of the results on the tennis forehand FIK UNY students. This research was a quasi-experimental research design used as a 2x2 Treatment by block design. The subject of this research is that students who take courses in sports tennis Program study option PJKR Faculty of Sport Science, State University of Yogyakarta. The sampling technique used purposive sampling with as many as 35 people total respondents. Data collection instruments by using test measurements. Analysis of the data using Analysis of Variance (ANOVA). The results show there are significant learning methods to the results on the tennis forehand FIK UNY students (p = 0.000). The effective learning method used to improve the ability of students is the forehand drill method. The forehand tactical group obtained an average value of 13.71, and the tactical group obtained an average value of 18.83. There is no influence on the result of agility tennis forehand on student FIK UNY (p= 0.161). There is no influence on the result learning method and agility tennis forehand on student FIK UNY (p= 0.735).
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v3i2.17788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Adi Surya Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.