KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MANISRENGGO
Wahyu Setyaningrum, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau dari kemandirian
belajar siswa dan (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan metode pretest-posttest control group
design. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional
efektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa, namun pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan konstruktivisme lebih efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa dan (2) pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari prestasi
belajar siswa, namun pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih
efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari
prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: pendekatan konstruktivisme, pendekatan konvensional, kemandirian belajar, prestasi
belajar
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau dari kemandirian
belajar siswa dan (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan metode pretest-posttest control group
design. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional
efektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa, namun pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan konstruktivisme lebih efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan
pendekatan konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa dan (2) pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari prestasi
belajar siswa, namun pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih
efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari
prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: pendekatan konstruktivisme, pendekatan konvensional, kemandirian belajar, prestasi
belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i7.7889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia