KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MASALAH OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 WATES KULON PROGO
Djamilah Bondan W. Djamilah Bondan W., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik berbasis masalah open ended dan
pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik serta
perbandingannya ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik. Jenis penelitian ini
merupakan kuasi eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design dengan populasi seluruh peserta
didik kelas VII SMPN 2 Wates yang terdiri dari 4 kelas dan sampel diambil 2 kelas. Analisis data dilakukan
menggunakan uji beda rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan dapat
disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbasis masalah open ended efektif ditinjau dari kemampuan berpikir
kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik; pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif
tetapi efektif ditinjau dari rasa ingin tahu peserta didik; serta pendekatan saintifik berbasis masalah open ended
lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta
didik.
pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik serta
perbandingannya ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik. Jenis penelitian ini
merupakan kuasi eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design dengan populasi seluruh peserta
didik kelas VII SMPN 2 Wates yang terdiri dari 4 kelas dan sampel diambil 2 kelas. Analisis data dilakukan
menggunakan uji beda rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan dapat
disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbasis masalah open ended efektif ditinjau dari kemampuan berpikir
kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik; pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif
tetapi efektif ditinjau dari rasa ingin tahu peserta didik; serta pendekatan saintifik berbasis masalah open ended
lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta
didik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i2.691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia