KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK N 4 SURAKARTA
Dhoriva Urwatul Wutsqa, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan
saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS serta pembelajaran mana yang lebih efektif
ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan
menggunakan desain penelitian pretest posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian adalah peserta
didik kelas XI SMK N 4 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang pilih secara acak.
Untuk mengetahui keefektifan menggunakan one sample t-test; untuk mengetahui perbedaan keefektifan
menggunakan T2 (Hotteling Trace); untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif menggunakan
independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar
matematika; pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak
lebih efektif dibanding pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari
motivasi; pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih
efektif dibanding pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari prestasi
belajar matematika.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, STAD, TPS, motivasi, prestasi.
saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS serta pembelajaran mana yang lebih efektif
ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan
menggunakan desain penelitian pretest posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian adalah peserta
didik kelas XI SMK N 4 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang pilih secara acak.
Untuk mengetahui keefektifan menggunakan one sample t-test; untuk mengetahui perbedaan keefektifan
menggunakan T2 (Hotteling Trace); untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif menggunakan
independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar
matematika; pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak
lebih efektif dibanding pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari
motivasi; pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih
efektif dibanding pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari prestasi
belajar matematika.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, STAD, TPS, motivasi, prestasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia