KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK N 4 SURAKARTA

Rinda Naviano, , Indonesia
Dhoriva Urwatul Wutsqa, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan
saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS serta pembelajaran mana yang lebih efektif
ditinjau  dari  motivasi  dan  prestasi  belajar  matematika.  Penelitian  ini  merupakan  eksperimen  semu  dengan
menggunakan desain penelitian pretest posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian adalah peserta
didik  kelas  XI  SMK  N  4  Surakarta.  Sampel  dalam  penelitian  ini  sebanyak  dua  kelas  yang  pilih  secara  acak.
Untuk  mengetahui  keefektifan  menggunakan  one  sample  t-test;  untuk  mengetahui  perbedaan  keefektifan
menggunakan  T2  (Hotteling  Trace);  untuk  mengetahui  pendekatan  mana  yang  lebih  efektif   menggunakan
independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui
model pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  dan  TPS  efektif  ditinjau  dari  motivasi  dan  prestasi  belajar
matematika; pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak
lebih  efektif  dibanding  pendekatan  saintifik  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TPS  ditinjau  dari
motivasi;  pembelajaran  dengan  pendekatan  saintifik  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  lebih
efektif  dibanding  pendekatan  saintifik  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TPS  ditinjau  dari prestasi
belajar matematika.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, STAD, TPS, motivasi, prestasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia