PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA BAHASAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII
Endang Listyani, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan
pendekatan problem solving pada bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII yang memiliki
kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang
mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain),
Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Objek
penelitian ini adalah bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan problem solving pada
bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian
RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan siswa serta lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk mengukur
keefektifan.Kevalidan bahan ajar memenuhi kriteria valid oleh rata – rata skor kevalidan RPP yaitu
4,375 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik dan rata – rata skor kevalidan LKS yaitu
4,2 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik. Kualitas kepraktisan bahan ajar memenuhi
kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket respon guru sebesar 3 dari skor maksimal 4
dengan klasifikasi baik dan rata – rata skor angket respon siswa sebesar 3,26 dari skor maksimal 4
dengan klasifikasi baik. Kualitas kepraktisan ditinjau pula dari keterlaksanaan pembelajaran
memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata – rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar
97,39%. Sedangkan kualitas keefektifan bahan ajar ditinjau dari hasil tes hasil belajar siswa dengan
nilai rata – rata 88,28 dari skor maksimal 100 dan persentase ketuntasan mencapai 90,62%.
Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Solving, Himpunan
pendekatan problem solving pada bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII yang memiliki
kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang
mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain),
Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Objek
penelitian ini adalah bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan problem solving pada
bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian
RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan siswa serta lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk mengukur
keefektifan.Kevalidan bahan ajar memenuhi kriteria valid oleh rata – rata skor kevalidan RPP yaitu
4,375 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik dan rata – rata skor kevalidan LKS yaitu
4,2 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik. Kualitas kepraktisan bahan ajar memenuhi
kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket respon guru sebesar 3 dari skor maksimal 4
dengan klasifikasi baik dan rata – rata skor angket respon siswa sebesar 3,26 dari skor maksimal 4
dengan klasifikasi baik. Kualitas kepraktisan ditinjau pula dari keterlaksanaan pembelajaran
memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata – rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar
97,39%. Sedangkan kualitas keefektifan bahan ajar ditinjau dari hasil tes hasil belajar siswa dengan
nilai rata – rata 88,28 dari skor maksimal 100 dan persentase ketuntasan mencapai 90,62%.
Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Solving, Himpunan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia