ANALISIS PERSIAPAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN DALAM MENGHADAPI TES HASIL BELAJAR PELAJARAN MATEMATIKA
Murdanu ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil analisis persiapan siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Cangkringan dalam menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, ditetapkan 12 siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Cangkringan sebagai sampel penelitian/narasumber. Data mengenai persiapan siswa
menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi,
dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Ada dua aspek
persiapan yang diteliti, yaitu aspek persiapan mental dan intelektual siswa. Hasil penelitian berdasarkan
indikator persiapan mental siswa adalah (a) siswa kurang berminat terhadap pelajaran matematika; (b)
siswa belum mengetahui tujuan dan kebutuhan belajar matematika. Hasil penelitian berdasarkan indikator
intelektual siswa adalah (a) siswa tidak mempersiapkan diri sebelum belajar matematika; (b) siswa belum
mengetahui tujuan belajar matematika; (c) siswa tidak ingat dari ingatan jangka panjang yang terkait
dengan materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari; (d) siswa tidak mengamati unsur-unsur
perangsang yang sesuai dengan materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari; (e) siswa belum
mampu mengolah dan menghubungkan informasi di STM (Short Term Memory) menjadi bermakna pada
pola perseptual LTM (Long Term Memory); (f) siswa belum membuktikan melalui suatu prestasi kepada
guru dan diri sendiri bahwa materi pelajaran matematika telah dikuasai serta memberi indikasi bahwa
tujuan belajar matematika pada dasarnya belum tercapai; (g) siswa mendapat penguatan (umpan balik)
dari guru apabila prestasinya tepat dan mendapat koreksi apabila prestasinya belum tepat; serta (h) siswa
mengerjakan tugas tetapi tidak mengulang-ulang kembali materi pelajaran matematika yang sedang
dipelajari untuk memantabkan hasil belajar.
Kata kunci: analisis, persiapan siswa, tes hasil belajar pelajaran matematika
Negeri 1 Cangkringan dalam menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, ditetapkan 12 siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Cangkringan sebagai sampel penelitian/narasumber. Data mengenai persiapan siswa
menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi,
dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Ada dua aspek
persiapan yang diteliti, yaitu aspek persiapan mental dan intelektual siswa. Hasil penelitian berdasarkan
indikator persiapan mental siswa adalah (a) siswa kurang berminat terhadap pelajaran matematika; (b)
siswa belum mengetahui tujuan dan kebutuhan belajar matematika. Hasil penelitian berdasarkan indikator
intelektual siswa adalah (a) siswa tidak mempersiapkan diri sebelum belajar matematika; (b) siswa belum
mengetahui tujuan belajar matematika; (c) siswa tidak ingat dari ingatan jangka panjang yang terkait
dengan materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari; (d) siswa tidak mengamati unsur-unsur
perangsang yang sesuai dengan materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari; (e) siswa belum
mampu mengolah dan menghubungkan informasi di STM (Short Term Memory) menjadi bermakna pada
pola perseptual LTM (Long Term Memory); (f) siswa belum membuktikan melalui suatu prestasi kepada
guru dan diri sendiri bahwa materi pelajaran matematika telah dikuasai serta memberi indikasi bahwa
tujuan belajar matematika pada dasarnya belum tercapai; (g) siswa mendapat penguatan (umpan balik)
dari guru apabila prestasinya tepat dan mendapat koreksi apabila prestasinya belum tepat; serta (h) siswa
mengerjakan tugas tetapi tidak mengulang-ulang kembali materi pelajaran matematika yang sedang
dipelajari untuk memantabkan hasil belajar.
Kata kunci: analisis, persiapan siswa, tes hasil belajar pelajaran matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia