PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIMPUNANUNTUK SISWA SMP KELAS VII DEVELOPING PROBLEM BASED LEARNING MATERIAL OF SETS FOR 7 TH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Heri Retnawati, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan berbasis masalah pada
materi himpunan untuk siswa SMP kelas VII dan mengidentifikasi kualitas dari bahan ajar yang telah
dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan
ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini
adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru matematika dan siswa kelas VIIA di SMP
Terpadu Ma’arif Muntilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas
bahan ajar untuk ahli materi dan ahli media, angket respon guru, serta angket respon siswa.
Pengembangan bahan ajar menerapkan tahapan pendekatan berbasis masalah yaitu penyajian masalah
di awal, pengekplorasian masalah, pendiskusian hasil penyelesaian, penarikan kesimpulan serta penyajian
hasil penyelesaian.Hasil penilaian kualitas bahan ajar adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil penilaian
oleh ahli materi rata-rata total adalah 3,56 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli
media diperoleh rata-rata total 2,93 dengan kriteria baik sehingga bahan ajar dikategorikan valid. (2)
Berdasarkan angket respon siswa, diperoleh rata-rata total 3,06 dengan kriteria baik sehingga bahan ajar
dikategorikan praktis. (3) Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase jumlah ketuntasan siswa adalah
90% sehingga bahan ajar dapat dikategorikan efektif.
Kata kunci:Pengembangan bahan ajar, Pembelajaran berbasis masalah, Himpunan
Abstract
This research is aimed to produce learning material of sets using problem based learning approach
for 7
th
grade junior high school students and to identify the quality of the developed learning material
based on validity, practicality, and effectiveness aspects.
This is research and development type using ADDIE model i.e. Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation. The subjects of this research are material expert, media expert,
mathematics teacher and students of class VIIA of SMP TerpaduMa’arif Muntilan. The instruments of this
research are the learning materials’ quality evaluation sheets for materials and media experts, teacher’s
response questionnaire and students’ response questionnaire.
The developing learning material applies problem based learning approach’s steps i.e. presenting
problems at first, exploring the problems, discussing the solution, making conclusion, and presenting the
solution. The results of learning material quality’s evaluation are: (1) The evaluation of material expert
shows the total score rate is 3.56 with very good criteria. The evaluation of media expert shows the total
score rate is 2.93 with good criteria. It is concluded that the learning material is valid. (2) The result of
students’ response questionnaire shows the total score rate is 3.06 with good criteria. It is concluded that
the learning material is practical. (3) The result of students’ test shows the percentage of students who pass
the test is 90%. It is concluded that the learning material is effective for learning activity.
Keywords : Developing Learning Material, Problem Based Learning, Sets
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan berbasis masalah pada
materi himpunan untuk siswa SMP kelas VII dan mengidentifikasi kualitas dari bahan ajar yang telah
dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan
ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini
adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru matematika dan siswa kelas VIIA di SMP
Terpadu Ma’arif Muntilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas
bahan ajar untuk ahli materi dan ahli media, angket respon guru, serta angket respon siswa.
Pengembangan bahan ajar menerapkan tahapan pendekatan berbasis masalah yaitu penyajian masalah
di awal, pengekplorasian masalah, pendiskusian hasil penyelesaian, penarikan kesimpulan serta penyajian
hasil penyelesaian.Hasil penilaian kualitas bahan ajar adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil penilaian
oleh ahli materi rata-rata total adalah 3,56 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli
media diperoleh rata-rata total 2,93 dengan kriteria baik sehingga bahan ajar dikategorikan valid. (2)
Berdasarkan angket respon siswa, diperoleh rata-rata total 3,06 dengan kriteria baik sehingga bahan ajar
dikategorikan praktis. (3) Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase jumlah ketuntasan siswa adalah
90% sehingga bahan ajar dapat dikategorikan efektif.
Kata kunci:Pengembangan bahan ajar, Pembelajaran berbasis masalah, Himpunan
Abstract
This research is aimed to produce learning material of sets using problem based learning approach
for 7
th
grade junior high school students and to identify the quality of the developed learning material
based on validity, practicality, and effectiveness aspects.
This is research and development type using ADDIE model i.e. Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation. The subjects of this research are material expert, media expert,
mathematics teacher and students of class VIIA of SMP TerpaduMa’arif Muntilan. The instruments of this
research are the learning materials’ quality evaluation sheets for materials and media experts, teacher’s
response questionnaire and students’ response questionnaire.
The developing learning material applies problem based learning approach’s steps i.e. presenting
problems at first, exploring the problems, discussing the solution, making conclusion, and presenting the
solution. The results of learning material quality’s evaluation are: (1) The evaluation of material expert
shows the total score rate is 3.56 with very good criteria. The evaluation of media expert shows the total
score rate is 2.93 with good criteria. It is concluded that the learning material is valid. (2) The result of
students’ response questionnaire shows the total score rate is 3.06 with good criteria. It is concluded that
the learning material is practical. (3) The result of students’ test shows the percentage of students who pass
the test is 90%. It is concluded that the learning material is effective for learning activity.
Keywords : Developing Learning Material, Problem Based Learning, Sets
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i3.2597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia