PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Fifi Nur Rohmah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ali Mahmudi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi REACT terhadap kemampuan literasi matematika. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan control-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta yang dipilih secara acak, kemudian didapatkan kelas kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi REACT, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan literasi matematika dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji non parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi REACT terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji statistik yang telah dilakukan. Pada hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan literasi matematika siswa memenuhi KKM yang ditentukan (75), pada hipotesis kedua persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai 94%  , dan pada hipotesis ketiga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata posttest kemampuan literasi matematika kelas eksperimen dan rata-rata posttest kemampuan literasi matematikal kelas kontrol.

Keywords


CTL; Ekspositori; Kemampuan Literasi

References


Adnyani, N. K. T. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester I Sdn 1 Kintamani Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(1), 6-12.

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma, 1, 364-370.

Astria, R., Haji, S., & Sumardi, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 106-117.

Ghalib, I. A., & Mahmudi, A. (2022). Pengaruh media pembelajaran geogebra berbasis cotextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan spasial pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 1-10.

Kemendikbudristek. 2022. Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi Nomor 008/ H/ KR/ 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.

OECD. (2022). Draft Mathematics Framework. New York: Colombia University




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i1.21631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats