PENGEMBANGAN PERMAINAN LABIRIN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK

Muhammad Awwal Husain, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tuharto Tuharto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran permainan labirin matematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran memenuhi standar valid dengan memenuhi kriteria sangat baik oleh dosen ahli dan guru dengan skor rata-rata 1 dari skor maksimal 1. Memenuhi standar praktis dengan nilai sangat baik oleh guru dengan skor rata-rata 4,3 dari skor maksimal 5, dinilai baik oleh peserta didik dengan skor rata-rata 3,22 dari skor maksimal 4, dan masuk kategori sangat baik pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 100%. Serta, memenuhi standar efektif dengan masuk kategori sedang dengan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,51 dari nilai N-Gain maksimal 1.

Keywords


media pembelajaran; permainan; labirin matematika; kemampuan berpikir kreatif matematis

References


Dirlanudin, D. (2006). Pengembangan Bakat Kreativitas Anak. Jurnal Teknodik, 174–187. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.399

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. AREA-D American Educational Research Association (Division D), 16(7), 1073–1080. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22025883%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:ANALYZING+CHANGE/GAIN+SCORES#0%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Analyzing+change/gain+scores#0

Kadir & La Masi. (2014). Mathematical Creative Thinking Skills Of Students Junior High School In Kendari City. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED 2014, 295–306. http://eprints.uny.ac.id/24314/1/E-35.pdf

Kemdikbudristek RI. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 11–12.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.

Nurrahma, H. (2018). Pengembangan Gamelan (Game Matematika Petualangan) sebagai media tes ulangan harian berbasis soal cerita. https://core.ac.uk/download/pdf/160603841.pdf

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.

OECD. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. In OECD Education Working Papers. http://www.oecd.org/education/2030/E2030%0APosition%0APaper%0A(05.04.2018).pdf

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) Indonesia results from PISA 2018. Programme For International Student Assesment (PISA) Results From PISA 2018, I–III, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Prensky, M. (2011). From Digital Natives to Digital Wisdom. From Digital Natives to Digital Wisdom, 1–9.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetesi: Implementasi Model ADDIE (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN BALITBANG KEMENDIKBUD. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (Issue 021).

Sumiati, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 1–14. https://doi.org/10.21009/jpd.132.01

Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.21281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia