APAKAH KECEMASAN SISWA MENJADI RENDAH DAN PEMAHAMAN KONSEP MENJADI TINGGI? PEMBELAJARAN BILANGAN NEGATIF DENGAN STRATEGI WORKED EXAMPLE GARIS BILANGAN
Endah Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
worked example garis bilangan dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan strategi
worked example ditinjau dari pemahaman konsep dan kecemasan matematika pada siswa kelas VII
SMP. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan strategi worked example garis
bilangan lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi worked example
garis bilangan ditinjau dari pemahaman konsep dan kecemasan siswa. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini adalah tes dan non-tes. Pengambilan tes akan menggunakan post-test sedangkan
pengambilan non-tes akan menggunakan self-rating untuk mengukur kecemasan matematika siswa.
Analisis data menggunakan uji mann-withney. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (a)
pembelajaran menggunakan strategi worked example garis bilangan lebih berpengaruh dibandingkan
dengan pembelajaran tanpa menggunakan strategi worked example garis bilangan ditinjau dari
kecemasan matematika siswa; (b) pembelajaran menggunakan strategi worked example garis bilangan
mempunyai tingkat pengaruh yang sama dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan
strategi worked example garis bilangan ditinjau dari pemahaman konsep siswa.
Keywords
References
Aras, I., Hermansyah, H., & Darmayasa, J. B. (2021). Pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan garis bilangan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 13-28.
Atkinson, R. K., Derry, S. J., Renkl, A., & Wortham, D. (2000). Learning from examples: instructional principles from the worked examples research. Review of educational research, 70(2), 181-214.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Castro-Alonso, J. C., Ayres, P., & Sweller, J. (2019). Instructional visualizations, cognitive load theory, and visuospatial processing. Visuospatial processing for education in health and natural sciences, 111-143.
Chandler, P., & Sweller, J. (1992). The split‐attention effect as a factor in the design of instruction. British Journal of Educational Psychology, 62(2), 233-246.
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational effects of mathematics anxiety in pre-service teacher education. AARE International Research in Education Conference, Melbourne, Australia.
Dina, Alifa S. "Literature review: faktor kecemasan matematika siswa dan upaya mengatasinya." J-PiMat, vol. 4, no. 1, 2022, pp. 443-450, doi:10.31932/jpimat.v4i1.1595
Djaali, A. (2008). Skala likert. Yogyakarta: Andi Offset.
Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34.
https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.
Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., Lutfi, L., & Rohim, A. (2020, October). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan bulat dalam pembelajaran paring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol.2020).
Irwansyah, M. F., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 62–74.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21452
Kalyuga, S. (2007). Expertise reversal effect and its implications for learner-tailored instruction. Educational psychology review, 19, 509-539.
Kalyuga, S. (2009). The expertise reversal effect. In Managing cognitive load in adaptive multimedia learning (pp. 58-80). IGI Global.
Kalyuga, S. (2011). Informing: A cognitive load perspective. Informing Science, 14, 33.
Karimah, N. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran garis bilangan terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 227-236.
Lasdianto, J. R., Haerudin, & Abadi , A. P. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan kecemasan matematika . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.3670/jpm.v14i1.17
Maemuna, S. et al. (2023). Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat pada garis bilangan. Jurnal Amal Pendidikan, 4(1), 67-78.
Mulyati, S. (2018). Analisis kesalahan matematika dilihat dari motivasi belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 31(1).
Munasiah, M. (2020). Hubungan kecemasan dengan pemahaman konsep matematika dan siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1), 99-110.
Nugraha, D., Astawa, I., & Ardana, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75-86. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074
Nugraheni, E., & Sugiman, S. (2013). Pengaruh pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa SMP. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 101–108. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8498
Paas, F., Tuovinen, J., Tabbers, H.K., & Van Gerven, P.W. (2003). Cognitive load
measurement as a means to advance cognitive load theory. Educational Psychologist, 38, 63 - 71.
Pangesti, F. T. P., & Retnowati, E. (2017). Pengembangan bahan ajar geometri SMP berbasis cognitive load theory berorientasi pada prestasi belajar siswa. Pythagoras, 12(1), 33-46.
Ranjan, & Gunendra Chandra. 2013. Math Anxiety : The poor problem solving factor in school mathematics. International Journal of Scientific and Research Publications 4(3): 1-5
Rokhayatun, S., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2023, October). Analisis kesulitan siswa belajar penjumlahan pada garis bilangan di sekolah dasar. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 3, No. 1).
Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi matematika mahasiswa PGSD pada penyelesaian operasi hitung bilangan bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15-21.
Rustaman, N. 2001. Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. google book. Kencana.
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan matematika dan cara menguranginya (mathematic anxiety and how to reduce it). PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).
Sedarmayanti, & Hidayat, S. (2011). Metodologi penelitian. Mandar Maju.
SMP Muhammadiyah 1 Mlati, Kabupaten Sleman. Sekolahloka. (n.d.). Retreived from https://sekolahloka.com/data/smp-muhammadiyah-1-mlati/
Supardi US, L. (2010). Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika, dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 342–352. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362
Supriatna, A., Zulkarnaen, R., & Firmansyah, D. (2021). Asosiasi kecemasan matematis dengan kebiasaan berpikir siswa SMA. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 191-202. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2198
Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive science, 12(2), 257-285.
Sweller, J., Van Merrienboer, J. J., & Paas, F. G. (1998). Cognitive architecture and instructional design. Educational psychology review, 10, 251-296.
Sweller, J., Ayres, P. L., Kalyuga, S., & Chandler, P. (2003). The expertise reversal effect.
Ulfah, S., Khoirunnisa, K., & Bekoe, C. (2021). Online tutoring in pandemic: an investigation on students’ mathematics anxiety and learning motivation. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 127–140. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.42044
Unaenah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Novyanti, A., & Nupus, F. S. (2020). Analisis pemahaman siswa dalam operasi hitung penjumlahan bilangan bulat menggunakan garis bilangan. NUSANTARA, 2(2), 296-310.
Zahro, Y. A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh kecemasan matematika siswa terhadap kemampuan mengerjakan ujian nasional: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 169-186.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i3.20423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia