PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Nadya Sukma Rani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jailani Jailani, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran, yakni RPP dan LKS matematika berbasis open-ended untuk meningkatkan kemampuan HOTS matematis siswa kelas VIII SMP yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sedayu. Instrumen penelitian meliputi: (1) lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur aspek kevalidan, (2) angket penilaian guru dan siswa, serta lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur aspek kepraktisan, (3) tes prestasi belajar dan HOTS matematis untuk mengukur aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis open-ended yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil analisis, rata-rata skor untuk RPP yaitu 197 dari skor maksimum 235 dan rata-rata skor untuk LKS yaitu 139,5 dari skor maksimum 170, sehingga memenuhi kategori valid. Dari aspek kepraktisan, perangkat pembelajaran memenuhi kategori praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket penilaian guru yaitu 44,5 dari skor maksimum 50, rata-rata skor angket penilaian siswa yaitu 52,24 dari skor maksimum 65, dan persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran yaitu 86,7%. Pada aspek keefektifan, nilai tes prestasi belajar 23 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 79,3%. Peningkatan tes kemampuan HOTS matematis siswa menggunakan N-gain sebesar 0,69 termasuk kategori sedang, sehingga memenuhi kategori efektif.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran matematika, open-ended, kemampuan HOTS matematis.


Keywords


perangkat pembelajaran matematika; open-ended; kemampuan HOTS matematis

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Lonmann Inc.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher order thinking skills in your classroom. VA: ASCD.

Dewi, P. S. (2018). Efektivitas pendekatan open ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Prisma, 7(1), 11–19.

HARTATIANA, H., Wardani, A. K., & Megawati, M. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(01), 15–24.

King, F., WKreidler, C., Keefe, E. B., Copeland, S. R., Harste, J. C., Baten, C. E., … Lee, L. (2012). Higher Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategies, Assessment A publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Voices from the Middle, 88(18), 495–496.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Ruddock, G. J., O’Sullivan, C. Y., & Preuschoff, C. (2009). TIMSS 2011 assessment frameworks: TIMSS & PIRLS. Chestnut Hill, MA: International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119–131.

Pane, I. P. P. (2019). Efektivitas Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di MAN Tapanuli Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 22–28.

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Rahayu, Y. I. S., & Chotimah, S. (2021). HIGHER ORDER THINGKING SKILLS SISWA SMP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 921–930.

RI, K. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Rifai, R., & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 152–162.

Roehati, Hendriana, & Sumarmo. (2019). Pembelajaran Inovasi Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rosmala, A., & Isrok’atun. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2016). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suri, M. D. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTs MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DI KALANGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP N 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197.

Syaeruldinata, A., As’ari, A. R., & Abadyo, A. (2019). Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi melalui Open Ended Problem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1008–1015.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Yen, T. S., & Halili, S. H. (2015). Effective teaching of higher order thinking (HOT) in education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 3(2), 41–47.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i1.19796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats