EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Indah Kusumarini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Atmini Dhoruri, Dosen Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan perbandingan efektivitas dari model pembelajaran Project Bsaed Learning dan STAD ditinjau dari motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Srumbung tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran STAD dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, angket motivasi belajar, dan dokumentasi. Ketiga instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli. Selain divalidasi, instrumen penelitian juga diuji reliabilitasnya dan dikatakan valid serta reliabel sehingga instrumen layak digunakan. Uji statistik yang digunakan adalah uji one sample t-test dan multivariat Two-Group Test. Berdasarkan uji statistik disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model Project Based Learning efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa; (2) pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe STAD efektif ditinjau dari motivasi belajar tetapi tdak efektif ditinjau dari hasil belajar; (3) pembelajaran dengan model Project Based Learning dan Cooperative Learning tipe STAD sama efektifnya ditinjau dari motivasi dan hasil belajar matematika siswa.


Keywords


Project Based Learning; Cooperative Learning tipe STAD; Hasil Belajar; Motivasi Belajar

References


Agus, Suprijono. (2011). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Berkatullah Amin, Karim, Asdini Sari. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Smp/Mts. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 23-32.

Depdikbud. (2003). Udang – Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas (2003). Kumpulan Pedoman Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz Media.

Hapsari, Dyana I., dkk. (2009). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 102-112.

Kamdikbud. (2019). Laporan Hasil Sekolah: Ujian Nasional SMP/MTs tahun pembelajaran 2018/2019.

Lalu Hasgar Simaguna, K. K. (2020). Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 67-76.

Purworini, S.E. (2006). Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Mengembangkan Habit of Mind Studi Kasus Di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1(2), 17-19.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Thomas, J. W. (2000). A review of Research on PBL. Diambil tanggal 10 Juli 2023 http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.19771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia