ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI LEVEL SMP BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Annisa Nirmala Devi, Universitas Negeri Yogyakarta
Syukrul Hamdi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini deskripsi kualitatif, dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang berjumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes terdiri dari 8 butir soal AKM Numerasi yang telah divalidasi oleh dosen pembimbing dan dua guru mata pelajaran matematika SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis kesalahan siswa dianalisis menggunakan metode Newman, yaitu 1) kesalahan memahami, 2) Kesalahan transformasi, 3) kesalahan keterampilan proses, dan 4) kesalahan penulisan jawaban akhir. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahapan-tahapan Newman, yaitu kesalahan memahami sebesar 36,40%, kesalahan transformasi sebesar 47,28%, kesalahan keterampilan proses sebesar 12,95%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 3,38%. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan, yaitu: tidak dapat memahami maksud soal secara mendalam, kesulitan dalam memahami makna kalimat dengan baik, kurang teliti, lupa rumus, kurangnya pemahaman terhadap materi yang ada pada soal, kurangnya latihan soal bentuk soal cerita sehingga siswa tidak terbiasa dengan menuliskan langkah-langkah menuliskan soal cerita dengan lengkap dan runtut, tidak dapat menentukan rumus atau langkah penyelesaian yang tepat, tidak dapat menghitung pecahan atau desimal, ragu-ragu saat mengerjakannya, kekurangan waktu pada saat pengerjaan soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.


Keywords


analisis; kesalahan; soal akm numerasi; metode newman

References


Ashari, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERORIENTASI PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT) DENGAN KONTEN UNCERTAINTY AND DATA PADA KELAS VIII DI SMP GUPPI SAMATA.

Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Gufron, A. M., Basir, M. A., & Aminudin, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Eror. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2, 99–107.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal PARADIKMA, 8(1), 37–51.

Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf

Mamonto, C. I. E., Pulukadang, R. J., & Manurung, O. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berdasarkan Teori Newman di Kelas VIII. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(4), 571–580.

Nasrullah, Ainol, & Waluyo, E. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Kelas. JPG: JuJurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(1), 117–124. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122

Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Salim, M. S., & Mahmudah, U. (2021). Newman’s Error Analysis untuk Memetakan Tingkat Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dan Penyebabnya. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 1–15. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.3532

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 223. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432

Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman’s error analysis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148.

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1317

Yayan Alpian, M. P., Sri Wulan Anggraeni, M. P., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurna Buana Pendidikan, 6(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i2.19680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia