Analisis kemampuan literasi matematika siswa SMK jurusan seni budaya

Indah Cahyaningsih, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, India
Nila Mareta Murdiyani, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMK Jurusan Seni Budaya, ketercapaian literasi matematika pada ketiga domain literasi matematika, motivasi belajar matematika, serta hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh kelas X pada salah satu SMK Jurusan Seni Budaya di kabupaten Bantul tahun ajaran 2021/2022 dan sampelnya satu kelas dari masing – masing jurusan. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematika dan angket motivasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa SMK Jurusan Seni Budaya tergolong rendah hingga sedang dengan sebaran 26,47% siswa memiliki kemampuan literasi matematika yang sangat rendah, 39,71% termasuk kategori rendah, 13,24% termasuk kategori sedang, 11,76% termasuk kategori tinggi serta 8,82% termasuk kategori sangat tinggi. Kemampuan literasi matematika siswa pada masing – masing domain sebagian besar termasuk kategori rendah hingga sedang. Motivasi belajar matematika siswa SMK Jurusan Seni Budaya termasuk kategori tinggi. Koefisien korelasi sebesar 0,445 menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dengan kekuatan sedang antara motivasi belajar dan kemampuan literasi matematika siswa.

 

Kata kunci: Literasi Matematika, SMK Seni Budaya, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Alfiyah, Z.N., Hartatik, S., Nafiah, et al. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166.

Destrianti, S., Rahmadani, S., & Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116 – 122.

Faiqoh, Elok. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Mobile Learning Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Sman 1 Lembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-17.

Gusnawati, Bey, A., & Hasnawati. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawerigadi. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 57-70.

Kurniawati, A. (2020). Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar Melalui Kolaborasi Sekolah Berkah dan Sekolah Membaca di SDN 01 Sukasenang Bayongbong Garut. Bunga Rampai Mahasiswa Penjas Uniga.

Lukman, S., & Zanthy, L. S., (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah Literasi Matematis pada Materi Bangun Ruang. JPMI- Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(3), 101-105.

Munir M, M. Asikin, I. Junaedi. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Noviarti, Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Dengan Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 92–99.

Nuryana, D. & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11 – 20.

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (Second Draft).

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M.N., et al. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.

Rifai & Wutsqa, D.U. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP negeri se-kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV(2), 54-64. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v4i1.10111

Rosalina, A.R. & Rooselyna E. (2017). Profil Pemecahan Masalah PISA pada Konten Change and Relationship Siswa SMP Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, dan Visual-Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6), 53 – 62.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, R.H.N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 713-720.

Sari, R.P., Renata D., & Utami S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 2 Kendari. Nosipakabelo : Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 10-17.

Sari, R., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100-107. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia