Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbantuan google classroom berorientasi pada motivasi dan hasil belajar materi bangun datar SMP
Endang Listyani, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom berorientasi pada motivasi dan hasil belajar materi Bangun Datar SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,54 dari skor maksimum 5. LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,49 dari skor maksimum 5. Dari segi kepraktisan, perangkat pembelajaran dinilai praktis dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 90,80%, skor rata-rata angket respon guru 4,29 dari skor maksimum 5 dan skor rata-rata angket respon peserta didik 4,03 dari skor maksimum 5. Dari segi keefektifan perangkat pembelajaran dinilai efektif dengan skor rata-rata angket motivasi belajar 3,79 dari skor maksimum 5 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka perangkat pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom berorientasi pada motivasi dan hasil belajar materi Bangun Datar SMP memiliki kualitas valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika khususnya materi Bangun Datar.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, blended learning, google classroom, motivasi belajar, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Ejournal.Kopertais4, 7(1), 855–866.
Chaeruman, Uwes A. dan Santi Maudiarti. (2018). Quadrant of Blended Learning: a Proposed Conceptual Model for Designing Effective Blended Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif1(1) (2018), 1-5.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kemebdikbud. (2016). Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nieveen, N. 1999. Prototype to reach product quality. Dalam Van den Akker, J., Approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pujadi A. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Business and Management Journal Bunda Mulia, 3(2).
Salam, M., Ibrahim, N., & Sukadjo, M. (2019). The effect of learning model and spatial intelligence on learning outcome. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 227, (307-310).
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.
Tarigan, H.G. dan Djago T. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112. doi: 10.18860/jpai.v5i2.5858
Wahyuni, D. C., & Sugiharta, I. (2019). Blended Learning dan E-Learning Berbasis Edmodo Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 1–10.
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. doi: 10.17509/jpm.v1i1.3261
Zuhdan Kun Prasetyo, et al. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i3.18315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia