PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini yaitu seperangkat LKS yang meliputi LKS kubus dan balok, LKS prisma, dan LKS limas dengan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKS diperoleh skor 4,28 pada skala 5 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan menurut angket respons siswa diperoleh 4,17 pada skala 5 dengan kategori praktis, nilai rata-rata angket respons guru diperoleh skor 4,10 pada skala 5 dengan kategori praktis, dan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 95,45 dengan kategori sangat baik. Penilaian keefektifan menurut tes kemampuan berpikir kritis diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 83,87 % dan nilai rata-rata kelas diperoleh 79,27 yang menunjukkan lebih besar dari kriteria minimal baik yang ditentukan yaitu 60, sehingga LKS dapat dikatakan efektif. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kritis Abstract This study aims to produce student worksheet for the topic of polyhedron using contextual teaching and learning with critical thinking ability orientation which are valid, practical and effective. This research was a research and development (R&D) using ADDIE model consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of this research is a set of student worksheets contains cube and cuboid student worksheet, prism student worksheet, pyramid student worksheet using contextual teaching and learning with critical thinking ability orientation. Based on the results of validation assessment, the student worksheet was very valid with a score of 4,28 on a scale 5. Based on practicality assessment results of student’s questionnaire obtained a score of 4,17 on a scale 5 with “practical” category and teacher’s questionnaire obtained a score of 4,10 on a scale 5 with “practical” category. Effectiveness assesment using test obtained the level of completeness is 83,87%. Then, the average test score of the class obtained of 79,27 which indicates greater than minimum accomplishment criteria i.e. 60. So that, the student worksheet is effective. Keywords: student worksheet, contextual teaching and learning, critical thinking ability
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i1.10536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia