PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT OF LEARNING UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI VIRUS
Atik Kurniawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, A., Purwanto, & Ramalis, T. R. (2019). Kajian Implementasi Teori Respon Butir dalam Menganalisis Instrumen Tes Materi Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 1(1), 37–42.
Angraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014, 161–169.
Gay, L. R., Mills, Geoffrey E., & Airasian, P. W. (2012). Educational Research Competencies for Analysis and Applications. United States of America: Pearson.
Istiyono, Edi. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Klasik dan Modern. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Theory into Practice, 41(4), 212–219.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–70.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131.
Subali, Bambang. (2016). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. (2nd ed.). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Sudaryono. (2011). Implementasi Teori Responsi Butir (Item Response Theory) Pada Penilaian Hasil Belajar Akhir di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(6), 719–732.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.
Widana, W. (2017). Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
World Economic Forum. (2015). Unlocking The Potential of The Smart Grid. AIP Conference Proceedings (Vol. 1702).
Yuyu Yuliati. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |