PERBANDINGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF ANTARA MODEL PBL DAN MODEL PjBL

Luh Mitha Priyanka, "Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY", Indonesia
Dadan Rosana, "Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY", Indonesia
Asri Widowati, "Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY", Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas yang menggunkan model Project Based Learning di SMP N 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment yang dirancang dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B dan kelas VIII D. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cluster random sampling. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data pretest dan posttest masing-masing materi dan data keterampilan pemecahan masalah. Data pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji anacova dengan bantuan SPSS 23 sedangkan data keterampilan pemecahan masalah dianalisis secara deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil belajar kognitif dan pemecahan masalah menunjukkan terdapat perbedaan antara kelas dengan model pembelajaran PBL dan kelas dengan model PjBL dengan uji anacova sebesar 0,000<0,05.  

 

Kata kunci: problem based learning, project based learning, pemecahan masalah, hasil belajar kognitif 


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.