PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA

Deva Ar Dean, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Laifa Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media augmented reality (AR) dengan pembelajaran model discovery learning yang tidak berbantuan media augmented reality (AR) pada siswa kelas VIII pada materi struktur fungsi tumbuhan. (2) mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media AR terhadap kemampuan HOTS siswa kelas VIII pada materi struktur fungsi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen yang merupakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes berupa soal pilihan ganda pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji independent sample t test, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang dalam pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media AR dengan yang hanya menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan media AR dengan nilai t-test sebesar 0,000, (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media AR terhadap kemampuan HOTS siswa kelas VIII pada materi struktur fungsi tumbuhan dengan nilai effect sieze sebesar 0,93 yang masuk dalam kategori besar.

Keywords


discovery learning; HOTS; media augmented reality; struktur fungsi tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Alfitriani, N., Maula, W. A. and Hadiapurwa, A. (2021) ‘Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), pp. 30–38.

Anderson, L., Krathwohl, D., & Airasian, P. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Pearson, Allyn and Bacon.

Auliya, R. N., & Munasiah, M. (2018). EFEKTIVITAS AUGMENTED REALITY DENGAN QR CODE DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI 3D. Unes Journal Of Education Scienties, 2(2), 127-132.

Becker, L. A. (2000). Effect Size (ES).

Cain, S.E., & Evans, J. M. (1990). Sciening : An Involment Approach to Elementary Science

Methods. Columbus Merril publishing company.

Chiappeta, E., & Koballa, T. (2010). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools:Developing Fundamental Knowladge and Skill, seventh edition. Boston:Allyn and Bacon.

Djati, W, R., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S, D. (2022) Penerapan Media Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 167-172).

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11.

Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.

Hilman Latief,dkk. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII Di SMPN 4 Padalarang,) Jurnal Gea 14, no.2, pp. 14–28.

Hutagalung, H. B., Lubis, I., & Aulia, R. (2024). Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA), 6(1), 1-12.

Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2019). Effectiveness of the application of learning models collaborative problem solving against the ability to solve mathematical problems in middle school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.

Kebudayaan, K. P. D. (2013). Model pembelajaran penemuan (discovery learning).

Khasinah, S. (2021). Discovery learning: definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal

MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.

Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan penerapan higher order thingking skills di sekolah. Jurnal

Pendidikan Penabur, 17(31), 36-46.

Kurniawan, I. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 25- 31.

Lee, H., Lee, J., & Kim, M. (2020). Society 5.0 and its realization throught AloT. Sustainability, 12(7), 2928.

Lestari, B. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142.

Mahartika, I., Iwan, I., Suttrisno, S., Dwinanto, A., Yulia, N. M., Andryanto, A., ... & Afrianis, N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suyatno, M. P. I., Juharni, I., & Susilowati, W. W. (2023) Berorientasi Higher Order Thinking Skills.

Sylvia, F., Ramdhan, B., & Windyariani, S. (2021). Efektivitas Augmented Reality Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Biologi:(The Effectiveness of Augmented Reality Towards Studentsâ€TM Higher Order Thinking Skills in Biology Subject). Biodik, 7(2), 131-142.

Wilson, L, O. (2016). Anderson dan Krathwohl Bloom’s taxonomy revised understanding the new version of Bloom’s Taxonomy. The Second Principle, 1(1), 1-8.

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.