MODEL JOYFUL LEARNING BERBANTUAN VIDEO MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Sugianto Sugianto, Universitas Wiralodra, Indonesia
Eva Yuliana, Universitas Wiralodra, Indonesia
Abstract
Materi Sistem reproduksi manusia dianggap sulit dipahami oleh siswa kelas XI MIPA, karena termasuk sub bab materi abstrak. Hal tersebut menyebabkan nilai rata-rata kurang dari KKM. Namun, metode yang digunakan guru belum berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Kondisi seperti ini menyebabkan siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan Hasil observasi pra penelitian di SMA juga menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas XI MIPA di SMA masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan diskusi, presentasi, dan ceramah, dan belum menggunakan model pembelajaran yang terbaru seperti media pembelajaran audio visual. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment design Adapun desain yang digunakan adalah one-group pretest postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran joyful learning terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Lohbener. Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-3 MIPA SMA N 1 Lohbener pada materi sistem reproduksi sub materi (adaptif) menggunakan model joyful learning termasuk kedalam kategori sedang. (2) Setelah menerapkan model pembelajaran joyful learning mendapatkan hasil yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14958
Betty Mts Negeri, K. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Siswa Kelas Vii. A Mtsn I Palembang. Science : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan Ipa, 3(1), 86–95.
Efrizon, S., Et Al. (2021). Sistem Alat Reproduksi Pada Manusia. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 725–732.
Fakhrurrazi, O. : (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. In Jurnal At-Tafkir: Vol. Xi (Issue 1).
Farahiba, A. S., & Kusuma, E. R. (2022). Optimalisasi Pengelolaan Kelas Melalui Model Pembelajaran Enjoyfull Learning Berbasis Literasi Di Sma Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 140–149. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i1.494
Hidayah, R., & Masub Bakhtiar, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Fun Learning Untuk Menumbuhkan Semangat Siswa Kelas Iii. In Jlj (Vol. 11, Issue 4). Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jlj
Istiqomah, U., & Prihatnani, D. E. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Peningkatan Hasil Belajar Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika Melalui Joyful Learning. 8(3). Http://Journal.Institutpendidikan.Ac.Id/Index.Php/Mosharafa
Lestari, I. I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Sistem Reproduksi Tingkat Sma.
Motivasi, P., Hasil, D. A. N., Biologi, B., Sistem, M., Bangkalan, M. A. N., Asmaniyah, D., Si, M., Bangkalan, M. A. N., & Bangkalan, K. (2010). Lampu. 36–44.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Nurfalaq Syarif, M., Wahyuni, N., Mulyadi Prasetyo, M., & Wirda, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Muqtadir Nurfalaq Syarif, Dkk. 102 Jurnal Biotek, 10.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016a). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. 1(1), 128–135.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016b). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3264
Permatasari, A. I., Mulyani, B., & Nurhayati, N. D. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Simo.
Rahayu Pangestika, R., Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan, P., & Wijayati Dan Antonius Tri Widodo, N. (N.D.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Joyful Learning Pada Pembelajaran Kimia.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Retno Utari. (1942). Taksonomi Bloom. 1–13.
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). Https://Doi.Org/10.24176/Jpp.V3i2.5874
Shiddiq Permana, M., & Johar, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Berbasis Multimedia. Http://Jurnal.Sttgarut.Ac.Id
Sidi, R. R., Tri, ), & Yunianta, N. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. In Maret (Vol. 5, Issue 1).
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pakem. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V1i3.33
Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121. Https://Doi.Org/10.31332/Zjpi.V7i1.2892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal TPACK IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |