PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DIGITAL “SMARTRONAUT.EXE” DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R. D. (2017). Kerangka Analisis Komponen Konsep Dan Desain Game. JITTER, 3(2), 86-95.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). New York:Routledge.
Crompton, H., Lin, Y. C., Burke, D., & Block, A. (2017). Mobile Digital Games as an Educational Tool in K-12 Schools. In S. Yu, M. Ally, & A. Tsinakos, Mobile and Ubiquitous Learning (pp. 3-17). Singapura: Springer. doi:10.1007/978-981-10-6144-8_1
Deliyannis, I. (2020). Game Design and Intelligent Interaction. Britania Raya: IntechOpen.
Fitri, S. F., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online pada Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Tambusari, 5, 1530-1533.
Joni, P. C. (2018). Analisis Kualitas Software Pada Pembangunan Mobile Game RPG Berdasarkan Kebutuhan Kualitas Untuk Mobile Game. IT Journal Research and Development, 3 (1), 62-71.
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di SMK. Journal Of Mechanichal Engineering Education, 6, 258-265.
Muslichatun, Wardani, S., & Elianawati. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7, 142-150.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4, 9-16.
Nesbit, J., Leacock, T., Xin, C., & Richards, G. (2004). Learning Object Evaluation and Convergent Participation: Tools for Professional Development in E-Learning in Computers and Advanced Technology in Education. The Seventh IASTED International Conference (pp. 339–344). Hawaii: ACTA.
PSKP KEMENDIKBUDRISTEK. (2022, Febuari 11). Untuk Atasi Krisis Pembelajaran Mendikbud Luncurkan Kurikulum Merdeka. Retrieved from Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek: https://pskp.kemdikbud.go.id/
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Shidik, M. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3, 91-98.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2, 10-18.
Suendarti, M., & Hasbullah, H. (2020). Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains (SINASIS) (pp. 273-277). Jakarta: Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI.
Suryani, E. (2018). Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (1), 13-18.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Wati, L. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9 (1), 65-76.
We Are Social & Hootsuite. (2022, Januari 26). Digital 2022 Global Overview Report: The Essential Guide To The World’s Connected Behaviours. Retrieved from We Are Social: https://wearesocial.com
Widyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal TPACK IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |