PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS POTENSI LOKAL BATIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 SLEMAN

Rahma Syahri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Insih Wilujeng, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Purwanti Widhy Hastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul elektronik berbasis potensi lokal batik ecoprint yang layak meningkatkan literasi sains peserta didik; (2) menguji keefektifan modul elektronik berbasis potensi lokal batik ecoprint untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik; (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul elektronik berbasis potensi lokal batik ecoprint untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pengumpulan kelayakan dilakukan dengan pengisisan angket validasi oleh validator ahli media dan materi. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Pengumpulan data peningkatan literasi sains dilihat dari hasil tes dan non tes menggunakan soal pretest-posttest literasi sains dan lembar observasi sikap literasi sains. Analisis keefektifan menggunakan standar n-gain. Pengumpulan data kepraktisan dengan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul elektronik berbasis potensi lokal batik ecoprint yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dari segi materi dan media; (2) modul elektronik berbasis potensi lokal batik ecoprint yang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik; (3) modul elektronik berbasis potensi lokal batik ecoprint yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dari peserta didik.


Keywords


literasi sains; modul elektronik IPA; potensi lokal; tekanan zat

Full Text:

PDF

References


Ardianto, D., & Rubbini, B. (2016). Comparison of Student Scientific in Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Indonesian Journal of Science Education, pp. 32-37.

Arfianawati, S., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektivan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkam Hasil Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Penndidikan, 4(2), 57–77.

Atmawarni. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Inovatif di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 4(1), 20–27.

Cecep, K, Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 4. No 2.

Fibonacci, Anita. (2020). Literasi Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Kimia. Sumatera Barat : CV Insan Cendekia Mandiri.

Flint, I. (2008). Eco Colour. Millers Point: Murdoch Books.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand-student survey of mechanics tests data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Hasil, BD. (2019). Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Lidi, M. W., Daud, M. H., & Bolong, M. Y. M. (2021). Potensi Kearifan Lokal Tambi Uma Suku Ende Sebagai Sumber Belajar Biologi Dan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 45.

Mawwadah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., & Retno, A. Y. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 2(2), 174–185.

OECD. (2009). Assesment Framework Key Competencies In Reading, Mathematics, and Science. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA. Paris: OECD Publishing.

Randan, S, Halimah H dan Eda L.A. (2022). Analisis Ketercapaian Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Toraja Utara Ditinjau Dari Dimensi Pengetahuan Dan Sikap. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 3, 278.

Roskos, K, Brueck, J & Widman Sarah. (2009). Investigating Analytic Tools for e-Book Design in Early Literacy Learning. Journal of Interactive Online Learning. Vol. 8 no, 3.

Suprayitno. A., Wahid. W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era l.;/Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 BAB X Pasal 36 ayat 3 butir d, tentang Kurikulum.

Widoyoko, S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winaya, K. A., dkk. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.13, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.