PENGEMBANGAN E-BOOK IPA BERBASIS INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

nuarista indah safitri, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian: 1) Mengembangkan e-book IPA berbasis infografis yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik. 2) Mengetahui kepraktisan e-book IPA berbasis infografis sebagai bahan ajar bagi peserta didik 3) mengetahui keefektifan e-book IPA berbasis infografis terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan mengacu pada tahapan penelitian Thiagarajan yaitu model 4-D atau FourD. Uji coba produk dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Sentolo. Desain uji coba penelitian yaitu pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dilakukan kepada 16 peserta didik kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar validasi kelayakan produk oleh 2 dosen ahli, angket keterbacaan produk oleh peserta didik, angket motivasi belajar, serta soal pretest-posttest hasil belajar kognitif. Kelayakan dan kepraktisan produk menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Keefektifan produk untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif IPA dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan N-gain score. Kesimpulan 1) e-book IPA berbasis infografis dinyatakan layak digunakan dalam kategori sangat layak. 2) e-book IPA berbasis infografis praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA dengan kategori baik. 3) e-book IPA berbasis infografis yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil N-Gain hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA dalam kategori sedang; sedangkan nilai paired sample t test Sig (2-tailed) hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA sebesar 0,000.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.