PENGARUH E-MODUL BERPENDAKATAN GUIDED INQUIRY BERMUATAN NATURE OF SCIENCE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA

Aulia Nanda Masruroh, , Indonesia
Zuhdan Kun Prasetyo, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran
berpendekatan Guided Inquiry bermuatan Nature of Science terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik “cluster random sampling” yang diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel. Kelas VIII F dan sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan e-modul berpendekatan Guided Inquiry bermuatan Nature of Science. Dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan perlakuan menggunakan buku siswa. Data diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest sebesar 40,87 dan posttest sebesar 82,94. Analisis data diperoleh nilai rata - rata kelas kontrol pada pretest sebesar 39,06 dan posttest sebesar 70,00. Berdasarkan hasil analisis menggunakan effect size diperoleh nilai sebesar 1,9. Sehingga dapat dikategorikan tinggi penggunaan e- modul Guided Inquiry bermuatan Nature of Science. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis simpulan dari penelitian menggunakan e-modul berpendekatan Guided Inquiry bermuatan Nature of Science berpengaruh signifikan terhadap literasi sains siswa.
Kata kunci: e-modul, guided inquiry, nature of science, literasi sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.