PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 4 KOTA MAGELANG
Eko Widodo, , Indonesia
Wita Setianingsih, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan monopoli sebagai alat evaluasi, mengetahui respon peserta didik terhadap permainan monopoli sebagai alat evaluasi, mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan permainan monopoli sebagai alat evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil lembar validasi kelayakan permainan monopoli menggunakan skala linkert lima, analisis data respon peserta didik terhadap permainan monopoli menggunakan skala linkert empat, analisis hasil belajar peserta didik pada permainan monopoli sebagai alat evaluasi menggunakan nilai PAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk permainan monopoli sebagai alat evaluasi dalam kategori sangat baik, respon perserta didik dalam permainan monopoli sebagai alat evaluasi dalam kategori sangat baik, hasil belajar peserta didik menggunakan permainan monopoli sebagai alat evalusi masih dibawah 76 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).
Kata Kunci: permainan monopoli, alat evaluasi, hasil belajar
Kata Kunci: permainan monopoli, alat evaluasi, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |