PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES PESERTA DIDIK SMP

Robiyatul Abdawiyah, , Indonesia
Ekosari Roektiningroem, , Indonesia
widodo Setiyo Wibowo, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses IPA peserta didik SMP, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posstest Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Banguntapan sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII A sebagai kelas kontrol mengunakan model pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen  menggunakan model pembelajaran POE. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling. Data yang digunakan adalah data pengamatan keterampilan proses dan nilai N gain. Data keterampilan proses diperoleh melalui lembar observasi. Hasil N gain diperoleh melalui soal pilihan ganda pretest-posttest. Data pemahaman konsep dan keterampilan proses dianalisis menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan model POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep, model POE berpengaruh terhadap keterampilan proses, model POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses.

 

Kata kunci: model pembelajaran POE, pemahaman konsep, keterampilan proses.


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.