PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP

Fidiah Pamrih Utami, , Indonesia
Insih Wilujeng, , Indonesia
susilowati susilowati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis science technology society and
methods pada hasil belajar masing-masing: (1) kognitif, (2) afektif, dan (3) psikomotorik, serta (4) ketiga ranah
tersebut. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control grup
design. Populasi penelitian sejumlah 127 siswa kelas 8 SMP 2 Depok. Teknik Pengambilan sampel yaitu cluster
random sampling diperoleh kelas 8 D sebagai kelas eksperimen dengan 31 siswa dan 8 C sebagai kelas kontrol
dengan 32 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran
science technology society and methods, (2) soal pretest-posttest (kognitif), (3) lembar observasi sikap ilmiah
(afektif), dan (4) lembar observasi practical skills (psikomotorik).  Pengaruh pembelajaran IPA berbasis science
technology society and methods terhadap hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji Manova. Hasil
penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods
terhadap: (1) ranah kognitif sebesar 5,7 % dengan nilai signifikansi 0,028, (2) ranah afektif sebesar28,0 % dengan
nilai signifikansi 0,000, dan (3) ranah psikomotorik sebesar 30,0 % dengan nilai signifikansi 0,000, serta (4) ketiga
ranah tersebut sebesar 55,1%dengan nilai signifikansi 0,000.  

Kata kunci: scientific inquiry and science issues, kognitif, afektif, psikomotor.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.