PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY AND SCIENCE ISSUES PADA KETERCAPAIAN 3 RANAH HASIL BELAJAR SISWA SMP

Tri Handayani, , Indonesia
Insih Wilujeng, , Indonesia
widodo Setiyo Wibowo, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA berbasis scientific inquiry and
science issues pada ketercapaian masing-masing: (1) ranah kognitif; (2) ranah afektif; dan (3) ranah psikomotor;
serta (4) ketiga ranah tersebut. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttest
nonequivalent control grup design. Populasi penelitian sejumlah 160 siswa kelas VIII SMP N 2 Tempel. Teknik
Pengambilan sampel yaitu cluster random sampling diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan 28
siswa dan VIII A sebagai kelas kontrol dengan 29 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen: (1) lembar
keterlaksanaan pembelajaran scientific inquiry and science issues; (2) soal pretest-posttest (kognitif); (3) lembar
observasi sikap ilmiah (afektif); dan (4) lembar observasi practical skills (psikomotor).  Pengaruh pembelajaran
IPA berbasis scientific inquiry and science issues terhadap hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji
Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and
science issues terhadap: (1) ranah kognitif sebesar 6,1 % dengan nilai signifikansi 0,036; (2) ranah afektif sebesar
34,0 % dengan nilai signifikansi 0,000; dan (3) ranah psikomotor sebesar 15,0 % dengan nilai signifikansi 0,002;
serta (4) ketiga ranah tersebut sebesar 55,1% dengan nilai signifikansi 0,000.  

Kata kunci: scientific inquiry and science issues, kognitif, afektif, psikomotor.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.