PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Asrina Amalia, Insih Wilujeng

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMP yang masih relatif rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan inovasi pembelajaran dengan model CTL serta bahan ajar berbasis kontekstual yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Mengacu pada permasalahan dan upaya mengatasinya, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas VII I sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning. Teknik pengambilan data yaitu: (1) tes berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis, dan (2) non-tes berupa observasi keterampilan berpikir kritis.
Analisis data yang diperoleh dari tes yaitu nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 73,63 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 68,71. Berdasarkan hasil analisis statistik parametrik dengan Independent Sample t-Test terdapat pengaruh yang signifikan pada model CTL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, dilanjutkan analisis effect size dengan rumus Cohen’s d diperoleh nilai sebesar 1,07 yang termasuk dalam kriteria efek tinggi. Analisis data yang diperoleh dari observasi yaitu nilai rata-rata kelompok eksperimen 7,08 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 3,39. Berdasarkan hasil analisis konversi skala secara deskriptif kualitatif yang mendukung hasil analisis Independent Sample t-Test dan effect size bahwa keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen mengalami perbedaan peningkatan yang lebih besar dari pada keterampilan berpikir kritis kelas kontrol. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, penelitian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.