Pengembangan media pembelajaran berbasis komik tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar
Rachmah Laksmi Ambardini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian pengembangan ini mengacu pada tahap pengembangan Borg & Gall (2007). Desain pengembangan tersebut dikelompokkan dalam enam tahap, yakni: (a) penelitian dan pengumpulan informasi; (b) perencanaan; (c) pengembangan produk awal; (d) uji kelayakan; (e) uji efektivitas; dan (f) produk akhir. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes hasil belajar dan angket respons peserta didik dan guru. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif dan data uji beda menggunakan paired samples t test dan independent samples t test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik ditinjau dari aspek materi, media, dan bahasa menurut para ahli didapat data sebagai berikut: (1) ahli materi memperoleh skor sebesar 93,64% dengan kategori “sangat baik”; (2) ahli media memperoleh skor sebesar 90,83% dengan kategori “sangat baik”; dan (3) ahli bahasa memperoleh skor sebesar 94,00% dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap uji kelayakan: (1) Hasil uji coba skala kecil dari aspek tampilan, pembelajaran, dan keterbacaan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,22 yang masuk kategori “sangat layak”; dan (2) Hasil uji coba skala besar dari aspek tampilan, pembelajaran, dan keterbacaan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,45 yang masuk kategori “sangat baik”. Tahap uji efektivitas ada perbedaan bermakna dalam hal pengetahuan dan sikap PHBS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan p < 0,05.
Developing comics media-based learning about behaviour clean and healthy childhood elementary school
Abstract: This refers to the development of the research development stage Borg & Gall. The development of the design is grouped into six stages, namely: (a) research and information gathering; (b) planning; (c) the initial product development; (d) the feasibility test; (e) testing the effectiveness; and (f) the end product. Collecting data using interview guides, documentation, achievement test and questionnaire responses of learners and teachers. Data were analyzed using descriptive data and the data of different tests using paired-samples t-test and independent samples t-test with a significance level of 0.05. The results showed that the comic book-based learning media from the aspect of materials, media, and languages, according to experts obtained the following data: (1) subject matter experts given a score of 93.64% to the category of "excellent"; (2) media expert given a score of 90.83% to the category of "very good"; and (3) linguists given a score of 94.00% to the category of "very good". At the stage of feasibility studies: (1) The results of the small scale trials of the aspects of the display, learning, and legibility average score obtained at 4.22 which is categorized as "very decent"; and (2) The results of a large-scale trial of the aspects of the display, learning, and legibility average score obtained at 4.45 which is categorized as "very good". The effectiveness of the test phase no significant difference in terms of knowledge and attitudes PHBs between the experimental group and the control group with p < 0.05.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v3i1.18002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Endang Sri Lestariningsih, Rachmah Laksmi Ambardini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.