PEMANFAATAN HASIL PENELITIAN DALAM PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS INKUIRI MATERI KULTUR JARINGAN

Lanna Murpi Pertiwi, Paidi Paidi, Ixora Sartika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi hasil penelitian perbanyakan anggrek macan (Grammatophyllum scriptum (lindl.) B1 secara in vitro dengan Photoautotroph Micropropagation System sebagai sumber belajar; mengetahui kelayakan LKS berbasis pendekatan berdasarkan penilaian guru biologi; dan mengetahui kelayakan LKS berbasis pendekatan inkuiri berdasarkan uji keterbacaan siswa kelas XII SMK N 1 Pandak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Reserach and Development (R&D) model ADDIE. Langkah-langkah penyusunan Lembar Kegiatan Siswa dilakukan dengan tahap analisis, desain, pengembangan hingga tahap uji coba terbatas pada guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis terhadap penelitian menunjukkan bahwa penelitian tentang perbanyakan anggrek dengan Photoautotrophic Micropropagation System tersebut berpotensi sebagai sumber belajar materi kultur jaringan. Penilaian guru dan uji keterbacaan kepada siswa menunjukkan bahwa LKS layak digunakan sebagai bahan ajar materi kultur jaringan.

Kata kunci: inkuiri, in vitro, kultur jaringan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Photoautotroph Microropagation System (PMS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i6.8130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.