PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PANDUAN BELAJAR UNTUK MATERI SISTEM REGULASI PADA SUBMATERI SISTEM INDRA DI SMA

Noni Wulandari, Yuliati Yuliati, Tutiek Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas LKS indra penglihatan ditinjau dari aspek kebenaran dan keluasan konsep, kebahasaan, kegiatan/pengamatan, keterampilan dan evaluasi belajar, serta tampilan berdasarkan review oleh ahli materi, ahli media dan guru Biologi, serta tanggapan siswa dalam penggunaan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahap yang dikembangkan dalam menyusun LKS ini hanya sampai ADD (Analysis, Design, and Development) dengan ditambah uji coba secara terbatas. Review kualitas LKS ini dilakukan oleh 3 dosen ahli materi dan media, 3 guru biologi, serta tanggapan penggunaan LKS oleh 15 siswa kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas LKS berdasarkan review oleh dosen ahli materi dan media serta guru biologi termasuk kriteria “Sangat Baik” dengan beberapa aspek yang harus diperbaiki. Tanggapan siswa dalam penggunaan LKS termasuk dalam kriteria “Sangat Setuju” dengan beberapa aspek yang harus diperbaiki.

 

Kata kunci: indra penglihatan, LKS, penyusunan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i5.8125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.