PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN REPTIL DI SANGGALURI PARK PURBALINGGA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER I

Wida Pangestu Prihatin, Slamet Suyanto, Sukiya Sukiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman reptil di Sanggaluri Park Purbalingga, mengetahui potensi Sanggaluri Park dapat digunakan sebagai bahan ajar dan menguji kelayakan modul. Metode penelitian menggunakan Metode Deskriptif dan R and D model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh reptil di Sanggaluri Patk. Subjek penelitian adalah reviewer dan responden, dengan objek penelitian adalah bahan ajar yang di produksi. Pengambilan data dengan menggunakan angket penilaian ahli dan angket tanggapan siswa. Analisis data dengan mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif menggunakan kriteria tertentu. Hasil Penelitian menunjukan di Sanggaluri Park terdapat 40 Jenis reptil dengan total 97 individu, Sanggaluri Park berpotensi sebagai sumber belajar dan informasi didalamnya dapat dijadikan bahan ajar, serta modul yang di hasilkan dinilai sangat baik dilihat dari penilaian ahli, guru, dan siswa sehingga layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Jenis-jenis reptil, Keanekaragaman hayati, Modul.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i5.8122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.