ANALISIS KESINAMBUNGAN PERSOALAN DALAM KONSEP SISTEM REPRODUKSI PADA BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KOTA YOGYAKARTA

Bowo Prakoso, Yuliati Yulianti, Tutiek Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui perubahan keberadaan persoalan dalam konsep di setiap jenjang pendidikan; dan mengetahui kesinambugan persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain analisis isi. Pengambilan sampel buku teks pelajaran dilakukan di SD, SMP, dan SMA piloting project Kurikulum 2013 di kota Yogyakarta dengan teknik purposive sampling, yakni harus memuat konsep sistem reproduksi dan ditulis berdasarkan Kurikulum 2013. Persoalan dalam konsep sistem reproduksi dianalisis oleh 3 panelis dengan cara mencermati setiap teks, gambar, dan tabel, kemudian diuji kecocokan antar panelisnya. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kedalaman dan keluasan persoalan, perbedaan penggunaan istilah dan perbedaan penggunaan gambar dalam materi sistem reproduksi. Persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di setiap jenjang pendidikan yang berkesinambungan (36,55%) dan tidak berkesinambungan (63,45%), sehingga persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di jenjang SD, SMP, dan SMA di Kota Yogyakarta tidak saling berkesinambungan.

 

Kata Kunci: Buku teks pelajaran, Jenjang pendidikan, Kesinambungan persoalan, Kurikulum 2013, Sistem reproduksi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i4.8109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.