PENYUSUNAN LKS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGETAHUAN SISWA MATERI ANIMALIA

Siti Nur Kholifah, Slamet Suyanto, Ciptono Ciptono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKS berbasis guided inquiry; (2) efektifitas LKS terhadap peningkatan keterampilan proses sains; dan (3) efektifitas LKS terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMA N 1 Sanden pada materi Animalia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dibatasi hingga tahap Development. Reviewer kualitas LKS ini dilakukan oleh 3 dosen ahli materi dan media, 2 guru biologi, serta tanggapan penggunaan LKS oleh 27 siswa kelas X MIA 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)  Kualitas LKS berdasarkan review oleh dosen ahli materi dan media serta guru biologi termasuk kriteria “Baik” dan konsep termasuk kriteria “benar” dengan beberapa perbaikan yang sesuai. Tanggapan siswa dalam penggunaan LKS menunjukkan respon positif sebesar 64,95%. (2) LKS efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains yakni mengalami peningkatan dari kategori “baik” menjadi “Sangat Baik”. (3) LKS efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa dengan nilai gain score sebesar 0,5 termasuk dalam kategori “sedang”.

 

Kata kunci: guided inquiry, keterampilan proses sains, LKS, Prinsip Penggolongan Kingdom Animalia.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i4.8107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.