HAMBATAN GURU MEMBIMBING KETERAMPILAN SISWA MENGAMATI OBJEK PADA PEMBELAJARAN CIRI DAN PERAN JAMUR DI MA KOTA YOGYAKARTA

Wea Tyas Shalikhah, sukiya sukiya, Siti Umniyatie

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui hambatan guru membimbing keterampilan siswa mengamati objek, solusi guru mengatasi hambatan, dan mengetahui kegiatan guru yang dilakukan dalam menyikapi materi untuk memberi kesempatan siswa berlatih mengamati objek, pada pembelajaran Ciri dan Peran Jamur di MA Kota Yogyakarta. Penelitian termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa angket, berisi tabel kegiatan guru dan tabel hambatan dan solusi. Hambatan umum dilihat dari keseluruhan jumlah hambatan. Hambatan individu guru dilihat dari pernyataan hambatan dan alasan guru tidak melakukan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan hambatan yang dialami guru adalah adanya pendapat materi Peran Jamur hanya diajarkan di Kelas XII atau saat melakukan penelitian, jenis jamur yang digunakan hanya kapang dan cendawan, dan tidak memiliki preparat awetan. Solusi guru adalah memberikan materi teori sebagai penugasan mandiri, pembelajaran dengan slide PowerPoint, dan menyediakan preparat basah. Guru melakukan 10 kegiatan untuk membimbing keterampilan mengamati, lima di antaranya berkaitan dengan keterampilan mengamati objek. Guru ditemukan sering menghindari menggunakan yeast dan hanya melakukan pengamatan Ciri Jamur, tidak beserta perannya.

 

Kata kunci: hambatan guru, keterampilan mengamati objek, keterampilan proses sains


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i3.7899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.