PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Nurul Nurhidayah, Yuni Wibowo, Siti Umniyatie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) guided discovery pada materi fungi untuk meningkatkan keterampilan proses sains serta mengetahui kemampuan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA SMA N 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Uji kelayakan LKS dilakukan oleh ahli materi, ahli media, penilaian siswa, dan penilaian guru. Uji coba LKS dilaksanakan di SMA N 1 Prambanan pada 18 siswa kelas X MIA 4. LKS telah berhasil disusun dengan model pengembangan 4D, namun hanya sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS termasuk dalam kategori layak, menurut ahli materi, ahli media, guru, dan siswa dengan skor masing-masing 69%, 93%, 87%, dan 77%. Hasil uji coba LKS yang dilakukan pada siswa termasuk dalam kategori baik dengan nilai kemampuan keterampilan proses sains siswa 74%.

 

Kata kunci: pengembangan, LKS guided discovery, fungi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i3.7897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.