PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM INDERA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Shintya Galuh Nindy Lantasa, Paidi Paidi, Yuni Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi Sistem indera berbasis Adobe Flash CS3 yang layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D menggunakan model penelitian ADDIE sampai tahap pengembangan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian adalah dua guru biologi dan siswa SMA kelas XI, reviewer yaitu ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kelayakan media oleh ahli materi, ahli media, guru, lembar angket tanggapan siswa, serta soal pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran materi sistem indera berbasis Adobeflash CS3 yang dihasilkan dinyatakan layak menurut ahli, guru dan sangat baik menurut tanggapan siswa, serta efektif untuk meningkatkan pemahan siswa berdasarkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, sistem indera, adobe flash

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v6i1.6138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.