ANALISIS MISKONSEPSI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS X DI KABUPATEN SLEMAN

ambar dwijayanti, siti Umniyatie, Anna Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi, macam kategori miskonsepsi, dan persentase masing-masing kategori miskonsepsi pada materi Achaebacteria dan Eubacteria dalam buku biologi SMA kelas X berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis isi. Sampel penelitian berupa tiga buku teks biologi melalui random sampling dari populasi. Objek penelitian ini adalah konsep-konsep materi Archaebacteria dan Eubacteria. Analisis miskonsepsi berdasarkan 5 kategori menurut Hershey dan dilakukan oleh tiga panelis. Uji kehandalan data menggunakan analisis uji kanonik kemudian dilanjutkan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan miskonsepsi di setiap buku pada konsep teks. Dalam buku A dan C ditemukan lima kategori miskonsepsi: undergeneralizations, obsolete concepts and term, oversimplifications, overgeneralizations, dan misidentifications, dalam buku B ditemukan tiga kategori miskonsepsi: undergeneralizations, overgeneralization, dan misidentifications. Persentase setiap kategori miskonsepsi yaitu: undergeneralizations (17,1 %), misidentifications (2,32 %), obsolete concepts and term (1,44 %), overgeneralizations (0,91 %), dan oversimplifications (0,79 %).

 

Kata kunci: analisis isi, Archaebacteria dan Eubacteria, miskonsepsi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i8.6048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.