PENYUSUNAN MEDIA BELAJAR MANDIRI BERBASIS BLOG SUBMATERI SISTEM SARAF MANUSIA UNTUK SISWA SMA

Rahma Nur Liana Sari, Yuni Wibowo, Ciptono Ciptono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun media belajar materi Sistem Saraf Manusia berbentuk Blog berdasarkan penilaian dari aspek materi, penyajian, kebahasaan, dan aspek kegrafisan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media belajar berbentuk blog sebagai media belajar mandiri siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang disusun menggunakan model ADD (Analysis, Design, Development and production). Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas blog dan angket penilaian kemandirian belajar yang divalidasi menggunakan validitas konstruk dengan pendekatan expert judgement. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei di SMA N 1 Depok dengan subjek penelitian ter-diri atas 2 guru biologi dan 12 siswa kelas XI IPA. Hasil penyusunan blog http://biologisistemsaraf.blogspot.co.id  menunjukkan bahwa penilaian guru terhadap blog berdasarkan aspek kelayakan isi materi, bahasa, dan kegrafisan termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada aspek penyajian dan interaksi termasuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, semua siswa memberi tanggapan setuju terhadap kualitas dan aspek kemandirian belajar blog ini.

 

Kata kunci: media belajar, blog, sistem saraf manusia, belajar mandiri.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i8.6041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.