IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATERI STRUKTUR - FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA SMA NEGERI 3 KLATEN KELAS XI TAHUN AJARAN 2015/2016

Mega utami kusumawati, Sukarni Hidayati, Ratnawati Ratnawati

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengidentifikasi: (1) ragam kesulitan belajar siswa yang ditemukan dalam mempelajari materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dan (2) tingkat perbedaan ragam kesulitan belajar siswa yang ditemukan dalam mempelajari materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa berdasarkan nilai hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar angket dan lembar soal test. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ragam kesulitan belajar yang ditemukan dalam mempelajari materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa adalah pada ranah memahami struktur jaringan tumbuhan, memahami fungsi jaringan tumbuhan, dan memahami hubungan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Dengan tingkat perbedaan ragam kesulitan pada ranah memahami struktur jaringan tumbuhan, ranah memahami fungsi jaringan tumbuhan, dan ranah memahami hubungan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan lebih banyak pada siswa yang mendapat nilai hasil belajar < dari KKM dibandingkan nilai hasil belajar ≥ KKM.

 

Kata kunci: kesulitan belajar, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i7.4627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.