RAGAM PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN KOTAMADYA YOGYAKARTA

Kurniawati Oktaviana, Sukarni Hidayati, yuni Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam pertanyaan guru dan siswa dalam pembelajaran biologi di MAN Kotamadya Yogyakarta. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode observasi dengan running recording. Penelitian ini  dilaksanakan di dua Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang melaksanakan Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta yaitu MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta II pada bulan Februari hingga April 2016. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan perlengkapan rekam video. Pertanyaan yang dihimpun dianalisis oleh tiga panelis dengan kualifikasi telah menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan nilai A. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dalam pembelajaran biologi menekankan pada ranah kognitif dan cenderung mengajukan pertanyaan tertutup. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa dalam pembelajaran biologi juga cenderung menekankan pada ranah kognitif dan pertanyaan tertutup.

 

Kata kunci: pertanyaan, ragam pertanyaan, pembelajaran biologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i7.4624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.