PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM QUIPPER SCHOOL PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Sari Trisnaningsih1, Slamet Suyanto, Tutiek Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan dan efektifitas Learning Management System Quipper School pada pembelajaran materi sistem pertahanan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) menggunakan 4D yakni Define, Design, Development, Disseminate, akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap Development dengan uji coba terbatas. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan oleh reviewer; angket motivasi siswa, dan soal evaluasi hasil belajar. Reviewer terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan di kelas XI MIA 5 dengan siswa sebanyak 13 siswa. Hasil penilaian kelayakan produk dan motivasi belajar siswa dianalisis dengan nilai skor. Hasil belajar siswa dianalisis dengan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas produk secara umum adalah sangat baik sehingga layak digunakan, Learning Management System Quipper School efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar mengalami peningkatan dari kategori “Sedang” menjadi “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ditunjukkan nilai gain score 0,701 dengan kategori “Tinggi”.

 

Kata kunci : Learning Management System Quipper School, motivasi belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i6.4600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.